Rabu, 25 Juni 2014

Launching Hari Nusantara 2014

Potensi sumberdaya kelautan Indonesia sekira kurang lebih 3000 triliun rupiah/tahun belum tergarap secara maksimal sehingga belum memberikan arti yang signifikan bagi pembangunan. Laut belum dilihat sebagai sumber pertumbuhan, penciptaan lapangan kerja, pemecah masalah kemiskinan sebagaimana diharapkan dalam kebijakan pembangunan nasional.
Oleh karena itu perlu dibangun suatu sistem yang diyakini sebagai solusi yang paling rasional dan efektif serta berpengaruh dalam jangka panjang yaitu melalui jalur pendidikan yang dapat membuka cakrawala baru melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kelautan. Penguasaan iptek kelautan menjadi salah satu faktor penentu bagi keberhasilan pembangunan nasional dibidang kelautan.

Hal tersebut disampaikan Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta saat menghadiri Launching Hari Nusantara ke-14, di Gedung Merdeka Bandung, pada Rabu 11 Juni 2014. Pada kesempatan tersebut, Menristek mengungkapkan bahwa Kementerian Ristek bersama dengan para stakeholder telah melakukan kajian terkait Pusat Penelitian Iptek Kelautan. Menristek berharap agar seluruh pihak bersinergi untuk mewujudkan pusat penelitian tersebut. “Dengan kerjasama ini kedepan insyaallah kita dapat melakukan penelitian dan pengembangan Iptek Kelautan yang maju sehingga tercipta teknologi kelautan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat, bangsa dan negara. Dengan cara itu potensi kekayaan alam laut dapat kita amankan, kita gali dan kita manfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat,” ujar Menristek.

Hari Nusantara yang diperingati setiap tanggal 13 Desember merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai Deklarasi Kemerdekaan Indonesia kedua, karena dengan deklarasi tersebut Indonesia merajut dan mempersatukan kembai wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat. Untuk tahun ini, puncak peringatan akan dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan dan Menristek  dipilih sebagai Ketua Panitia Nasional Peringatan Hari Nusantara 2014. Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Launching Hari Nusantara ini dilaksanakan bersamaan dengan peringatan World Oceans Day 2014. 

Selain Launching Hari Nusantara, peringatan World Oceans Day juga diisi dengan Seminar Kelautan Nasional, yang menghadirkan Capres nomor urut 2 Joko Widodo dan Cawapres nomor urut 1, Hatta Rajasa untuk mengetahui arah pembangunan kelautan kedepan dari pemimpin bangsa Indonesia yang terpilih kelak. (humasristek)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar