Kamis, 12 Juni 2014

Hatta : Indonesia harus menambah pelabuhan bertaraf internasional

Bandung (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden Hatta Rajasa mengatakan Indonesia perlu menambah pelabuhan bertaraf internasional untuk menjadi negara maritim yang kuat, maju dan berkembang.

"Kita perlu membangun lagi pelabuhan-pelabuhan mengantisipasi kedepan," kata Hatta saat memberikan sambutan pada seminar nasional dalam rangka peringatan "World Oceans Day Launching" hari nusantara 2014 di Gedung Merdeka, Bandung, Jabar, Rabu.

Ia menuturkan Indonesia sudah mendesain dua gerbang utama perairan di wilayah barat yaitu Sumatera dan wilayah Indonesia Timur.

Sementara di Jawa, kata dia baru memiliki pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Perak dan Tanjung Emas menghubungkan pelayaran internasional.

Ia berharap satu pelabuhan bertaraf internasional dapat segera selesai dibangun di Jabar yakni pelabuhan Cilamaya di Cirebon.

"Sudah kita tetapkan di Jawa Barat yaitu di Cilamaya, tahun 2020 sudah harus beroperasi," kata Hatta yang merupakan cawapres bagi capres Prabowo.

Ia menilai pembangunan pelabuhan baru akan mampu membuka peluang untuk perkembangan transportasi laut kemudian menyediakan armada untuk memudahkan akses yang menghubungkan seluruh pulau terpencil.

Ia berharap kemudahan transportasi laut itu dapat menumbuhkan perekonomian bagi masyarakat di pulau terpencil dengan biaya transportasi murah.

"Armada laut sangat penting demi menekan ongkos logistik," kata Ketua Umum Partai Amanat Nasional itu.

Selain Hatta Rajasa hadir dalam kegiatan seminar nasional itu, calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati juga hadir dalam waktu berbeda.

Pemilu 2014 diikuti dua pasang kandidat, yaitu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK. Prabowo-Hatta didukung enam partai, Jokowi-JK didukung lima partai.

Editor: Aditia Maruli
COPYRIGHT © 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar